Apa Yang Dimaksud Dengan Marketing Dan Fungsinya

Apa yang dimaksud dengan marketing

Sebuah perusahaan tentunya memiliki bagian-bagian penting yang menunjang perusahaan tersebut berjalan dengan maksimal, salah satunya seperti Marketing. Namun terkadang masih saja ada yang tidak tahu apa yang dimaksud dengan Marketing. Padahal Marketing memiliki begitu banyak fungsi dalam perusahaan. Tidak percaya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Marketing?

Jika ada pertanyaan apa yang dimaksud dengan Marketing maka jawabannya adalah kegiatan yang berguna untuk memenuhi kepuasan serta kebutuhan konsumen perusahaan. Di mana Marketing berguna untuk menghasilkan produk, harga, tempat untuk menjual serta mempromosikannya. Aktivitas yang dilakukan oleh Marketing ini sangat berkaitan erat dengan konsumen. Sehingga tentu saja kedudukan Marketing pada sebuah perusahaan sangatlah penting.

Apa lagi saat ini banyak sekali merek dari suatu jenis produk dengan harga yang berbeda-beda. Tentu saja hal tersebut akan membuat konsumen lebih selektif lagi dalam memilih produk. Marketing disinilah yang menjamin konsumen akan memilih produk dari perusahaan tersebut. Banyak Marketing yang turun langsung untuk mencari tahu apa yang sedang disukai oleh konsumen. Hal ini tentunya memudahkan pertukaran informasi antara konsumen dan perusahaan. Sehingga akan menghasilkan produk yang diinginkan konsumen.

Marketing menentukan pemasukan yang akan diperoleh oleh perusahaan, sehingga maju-mundurnya perusahaan tergantung baik atau tidaknya tim Marketingnya. Fungsi marketing masihlah banyak lagi untuk perusahaan.

Fungsi Marketing Perusahaan

Setelah mengetahui apa itu Marketing tentunya semua menyadari bahwa banyak sekali fungsi dari Marketing pada suatu perusahaan. Namun fungsi di atas hanyalah sebagian saja, masih banyak fungsi lainnya. Berikut beberapa fungsi Marketing perusahaan yang dapat dijadikan referensi:

1. Berfungsi Sebagai Distribusi Fisik

Maksud dari distribusi fisik ialah segala kegiatan baik mengangkut ataupun menyimpan produk yang dihasilkan perusahaan. Distribusi fisik ini akan membuat kebutuhan konsumen dari produsen akan dengan mudah disalurkan. Penyaluran produk ini tentunya bervariasi mulai dari air, udara ataupun darat. Selain itu proses penyimpanan disini dimaksudkan agar tidak akan terjadinya kekurangan pasokan produk.

2. Berfungsi Sebagai Alat Pertukaran

Selain fungsi di atas ada juga fungsi pertukaran yang berada di bawah bagian atau tim Marketing. Maksudnya disini adalah konsumen akan membeli produk dengan menukarkan uang. Di mana produk tersebut akan digunakan sendiri ataupun dijual langsung.

3. Berfungsi Sebagai Perantara

Tentu saja setiap jasa memerlukan sebuah perantara yang akan menghubungkan konsumen dan perusahaan atau jasa. Seperti contohnya Jasa Penulis Artikel yang tim Marketingnya biasanya akan membantu konsumen dalam memilih jenis artikel. Perantara ini mulai dari pencarian informasi, pembiayaan, serta pengelompokan dari produk yang ditawarkan.

Jadi jika ada pertanyaan apa yang dimaksud dengan Marketing beserta fungsinya akan dapat terjawab dengan mudah. Semua itu karena telah dijelaskan secara lengkap di atas yang tentunya akan sangat membantu.