Dokumen Wajib ISO 9001:2015

DalamĀ  penerapan pedoman bagi Konsultan ISO 9001: 2015 diperlukan sejumlah dokumen persyaratan yang wajib dipunyai atau diciptakan oleh perusahaan sebagai persyaratan proses audit.

Berikut adalah daftar dokumen yang harus ada atau wajib untuk penerapan ISO 9001 yang terbaru yaitu ISO 9001:2015.

  • Kebijakan Mutu

Kebijakan bobot adalah dokumen pertama yang harus dibuat: Kebijakan mutu adalah dokumen yang berisi kepandaian manajemen terhadap mutu. Kebijakan mutu sebuah dokumen yang isinya hampir sama dengan visi tujuan dengan sedikit perbedaan Ini contoh

  • Sasaran Mutu

Sasaran bobot atau target setiap unit kerja adalah dokumen yang harus diciptakan setelah kepandaian mutu. Sasaran bobot harus terukur dan selalu dimonitor secara rutin. Orang sering menyebut sasaran bobot dengan istilah KPI (key performance index).

  • Ruang Lingkup sistem manajemen bobot (SMM)

Harus terdapat dokumen yang mengaku ruang lingkup penerapan sistem manajemen mutu.

  • Rekaman Kalibrasi (Calibration): Bukti kalibrasi atau verifikasi perangkat ukur mesti terdapat (klausul 7.1.5.2)
  • Rekaman Kompetensi: Dokumen yang mengindikasikan bukti kompetensi personil (klausul 7.2)
  • Review order dan Perubahan order: Bukti review order atau evolusi order mesti ada. Ketika order diterima, order itu harus direview untuk menilai order bisa diisi atau tidak dokumen ini seringkali ada di unsur sales atau marketing. Bukti review order bisa dalam format notulen rapat atau tanda tangan yang berwenang dalam dokumen order(klausul 8.2.3)
  • Bukti seleksi dan penilaian supplier: Dokumen yang mengindikasikan bahwa seleksi dan penilaian supplier telah dilakukan (klausul 8.4.1).
  • Kepuasan pelanggan : Bukti survey kepuasan pelanggan telah dilakukan untuk menyaksikan tingkat kepuasan pelanggan terhadap output perusahaan.
  • Internal Audit : Tersedianya laporan audit yang memuat perbaikan dari hasil temuan audit yang terdokumentasi. (klausul :9.2)
  • Manajemen review : Bukti tinjauan manajemen telah dilakukan harus dapat ditunjukan sebagai bukti bahwa manajemen puncak mereview dan selalu mengikuti perkembangan sistem manajemen bobot yang terdapat di perusahaan. (klasul 9.3)

Beberapa dokumen diatas masih belum merangkum semua dokumen yang diperlukan atau yang diwaijbkan dalam standar ISO 9001 :2015 yang baru, dapat saja meningkat sesuai dengan pendalaman setiap klausul ISO 9001:2015 dan untuk para praktisi atau yang menelaah ISO 9001:2015 dapat share di Komentar bila ada kelemahan atau masukan lainnya.

sumber https://garudacitizen.com/sertifikat-iso/