Hadist-Hadist Tentang Menuntut Ilmu

hadist tentang menuntut ilmu

hadist tentang menuntut ilmu

Menuntut ilmu adalah suatu kegiatan yang sangat baik dan bisa dilakukan oleh semua orang, dan tahukah anda bahwa menuntut ilmu mempunyai kedudukan penting di dalam agama islam, karena ada beberapa hadist yang menerangkan tentang masalah ini.

Pertama menuntut ilmu adalah suatu kewajiban bagi kita yang beragama islam, kalau suatu hal atau kegiatan masuk dalam kategori wajib maka kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang penting, seperti halnya sholat wajib yang 5 waktu, puasa di bulan ramadhan dan zakat.

Hadits Tentang Menuntut Ilmu Itu Wajib

Hadist yang menunjukkan bahwa menuntut ilmu itu kewajiban adalah hadist yang berbunyi,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya: “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” [HR. Ibnu Majah no. 224]

Setelah kita tahu bahwa menuntut ilmu itu wajib, maka konsekuensi kita adalah kita harus menyediakan waktu khusus untuk belajar agama, entah itu dengan membaca buku buku agama ataupun membaca artikel tentang ilmu pada sebuah blog islami.

Dan yang lebih utama adalah kita menyempatkan datang ke majelis taklim atau kajian untuk belajar agama secara langsung kepada ustadz atau ahli ilmu, karena cara inilah yang banyak di contohkan oleh para sahabat radhiallahu anhum ajmain, para tabiin, dan tabiut tabiin yang merupakan generasi terbaik umat ini.

Baca juga: Doa ketika turun hujan

Hadist Tentang Keutamaan Penuntut Ilmu

Yang kedua kami tuliskan hadist tentang keutamaan ilmu, yang mana hadist ini banyak sekali jumlahnya. Pertama tentang keutamaan menuntut ilmu, keutamaannya adalah akan di mudahkan jalan menuju surga bagi siapa saja yang melakukan perjalanan ke majelis ilmu.

Hadist ini berbunyi,

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Artinya: Barang siapa yang berjalan untuk mencari ilmu, Allah akan memudahkan dirinya jalan menuju surga. hadist dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu [HR. Muslim].

Bisa kita bayangkan bagaimana kebahagian yang akan kita dapatkan, yaitu mendapatkan kemudahan jalan menuju surga, bukankah kita semua menginginkan kemudahan dalam berbagai hal, terutama dalam hal keduniaan, namun untuk urusan akhirat kita tidak mempunyai keinginan yang kuat seperti keinginan akan keduniaan.

Untuk sekarang rubah mindset kita, kita harus mendapatkan kebahagiaan di akhirat melebihi kebahagiaan di dunia, karena sudah jelas dan pasti bahwa dunia ini akan kita tinggalkan, dan kita tahu bahwa dunia ini tidak kekal dan fana, semua kebahagiaan yang kita dapatkan di dunia ini hanya sementara saja.

Luangkan Waktu Ke Majelis Ilmu

Jadi mulai sekarang luangkan waktu dan paksakan untuk datang ke majelis ilmu guna belajar ilmu agama atau ilmu Syar’i, ingat kata kuncinya paksakan diri, karena kalau tidak kita paksakan akan sangat sulit kita melangkah, dan perlu di garis bawahi syetan selalu menggoda kita dengan merayu untuk memenuhi semua keinginan hawa nafsu kita, karena proses menuntut ilmu adalah bertentangan dengan hawa nafsu.

Mungkin dua hadist tentang menuntut ilmu di atas sudah cukup untuk kita rajin mendatangi kajian kajian islam yang banyak dan mudah kita jumpai di masjid masjid terdekat.

Dan yang perlu di ingat juga adalah bahwa menuntut ilmu itu harus ikhlas dan hanya mengharap ridho Allah semata, tanpa ikhlas ini maka kegiatan kita belajar agama akan sia sia dan bahkan akan mendapatkan dosa, karena banyak hadist tentang ikhlas yang menerangkan bahayanya ketidak ikhlasan kita dalam beramal.

Selamat menuntut ilmu dan semoga kita semua di mudahkan oleh ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA untuk memasuki surganya tanpa hisab. Aamiiin.

Untuk membaca selengkapnya hadist tentang menuntut ilmu silahkan anda kunjungi sumbernya di https://penaungu.com/hadist-menuntut-ilmu/ .