Manfaat Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua ini sendiri sebenarnya memiliki nama sansevieria dan merupakan jenis tanaman yang mudah tumbuh serta tidak membutuhkan perawatan khusus, maka tak heran jika tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman hias.

Berasal dari Afrika tepatnya di Nigeria Timur, tanaman ini mudah tumbuh tanpa adanya perawatan khusus loh.

Tanaman Lidah Mertua berasal dari Afrika di bagian Nigeria Timur dan bisa tumbuh dengan baik tanpa adanya air dan sinar matahari yang mencukupi.

Salah satu manfaat dari tanaman ini selain sebagai tanaman hias tapi juga dapat membersihkan polutan yang ada di udara khususnya di dalam ruangan. Maka tak heran jika tumbuhan ini juga bisa ditemukan di luar dan dalam rumah sebagai hiasan.

Tanaman ini memiliki nama lain pedang pedangan, snake plant atau lidah jin dan termasuk ke dalam superdivsio Spermatophyta.

Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Salah satu manfaat dari tumbuhan ini adalah dapat mengurangi zat beracun untuk dijadikan sebagai senyawa yang lebih ramah lingkungan, contohnya seperti asam amino dan gula.

Kemampuan ini dimiliki oleh tanaman ini karena lidah mertua merupakan tanaman yang mempunyai kandungan zat pregnane glycoside. Zat beracun yang bisa diuraikan oleh tanaman lidah mertua ini misalnya saja seperti karbon dioksida, benzen, klorofom, xilen, trikolotilen hingga formaldehid.

Tanaman lidah mertua ini sendiri juga bisa digunakan untuk mengatasi sick building syndrome yakni merupakan keadaan ruangan yang tidak sehat dikarenakan tingginya zat karbondioksida, nikotin hingga penggunaan AC yang terlalu sering.

Untuk menanam tanaman lidah mertua ini pun sangat mudah loh dan tidak membutuhkan perhatian khusus. Untuk mendapatkan hasil dan manfaat yang maksimal, anda dapat menanam tanaman lidah mertua yang sudah dewasa dan telah memiliki daun berjumlah 4 hingga 5 helai di dalam ruangan yang memiliki luas sekitar 20 meter persegi.

Manfaat lain dari tanaman ini yang jarang diketahui banyak orang adalah, sifatnya yang dapat mengurangi bau tak sedap. Caranya adalah dengan memotong daun lidah mertua yang bisa diletakkan di kulkas untuk mengurangi bau yang tidak sedap.