Pengertian, Proses Dan Contoh Difusi

Pengertian, Proses Dan Contoh Difusi

Pengertian, Proses Dan Contoh Difusi – Apakah anda mengenal dan mengetahui tentang maksud dari ‘difusi’ itu apa ?

Mungkin sebagian dari anda adalah orang awam yang tidak mengerti sama sekali tentang apa – apa terkait dengan istilah difusi !

Yang dimaksud dengan difusi adalah sebuah proses yang bersifat pasif terhadap ‘transportasi’.

Dimana di dalam proses difusi akan menjumpai sekumpulan zat – zat tunggal yang memiliki sifat lebih suka untuk bergerak dengan kekuatan sendiri ke daerah – daerah dengan kondisi ‘konsentrasi’ yang lebih tinggi menuju ke bagian yang lebih rendah hingga kembali kepada konsentrasi yang sejenis.

Contoh sederhana yang menggambarkan tentang pengertian dari difusi tersebut di atas adalah perhatikan saat seseorang sedang berusaha untuk membuka sebotol gas ‘amonia’ di dalam sebuah ruangan dimana ada banyak sekali orang di sana !

Nah, gas amonia yang tersimpan dalam botol tersebut adalah merupakan ‘konsentrasi’ yang bersifat cukup tinggi dengan memiliki lawan yaitu konsentrasi yang terendah yakni bagian pinggir / tepi ruangan yang dimaksud.

Uap amonia yang telah berhasil keluar dari dalam botol oleh udara / angin di dalam ruangan akan disebarkan secara bertahap dimana lama – kelamaan akan tercium oleh banyak orang karena suksesnya melakukan penyebaran konsentrasi tersebut di atas.

Tanpa anda sadari bahwa proses difusi sudah dan sedang terjadi tanpa memberitahukan tanda / mengeluarkan energi dalam jumlah besar.

Proses Difusi

Pada umumnya proses difusi sering terjadi dalam kondisi dimana ada pergerakan / pergesekan partikel – partikel dari sekumpulan zat baik yang berbentuk padat, gas, maupun cair dari suatu tempat yang memiliki konsentrasi cukup tinggi menuju ke kondisi konsentrasi rendah yang wajib melewati sebuah ‘membran’.

Proses yang sedang terjadi bisa diibaratkan sebagai sebuah proses transportasi yang dalam pergerakannya tidak begitu banyak membutuhkan energi sehingga disebut dengan istilah yaitu transportasi pasif. Mengapa bisa dianggap demikian ?

Jawabannya adalah karena disebabkan oleh adanya kekuatan dorongan yang berasal dari energi bersumber dari gerakan – gerakan acak terhadap sekumpulan partikel yang sedang melakukan proses difusi.

Tentu saja ini bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah guna dilakukan hingga berhasil mencapai sebuah titik tujuan, harus memenuhi sebuah syarat utama yaitu perhatikan sebuah partikel akan mampu melewati area membran yakni dengan bantuan dari partikel yang lainnya dalam bentuk lebih kecil dan sangat sederhana serta mudah larut di dalam air atau lemak.

Contoh Dari Difusi

Sebuah proses difusi yang bersifat sederhana bisa anda lihat melalui contoh berikut ini : saat anda melihat Bunda sedang menyiapkan secangkir teh manis untuk Ayah tercinta, dimana dua sendok teh gula pasir dimasukkan ke dalam secangkir teh kental lalu diaduk pelan – pelan maka cairan teh tersebut menjadi berasa manis sebagai akibat adanya proses difusi di dalamnya yaitu gula pasir akan melebur menjadi satu / menyatu dengan larutan teh di dalam cangkir.

Nah bagaimana teman – teman ? Apakah sudah paham sekarang tentang pengertian, proses, dan contoh dari difusi tersebut di atas ? Semoga benar – benar memberikan manfaat bagi para siswa / wi. Terimakasih.

Sumber : Agrotek.id