Peran Smartphone dalam Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia

ekonomi digital

Di era sekarang ini, hampir setiap orang memiliki smartphone. Ponsel pintar telah menjadi kebutuhan semua orang. Dengan ponsel pintar seseorang bisa mendapatkan akses informasi lebih mudah. Sehingga jangkauan informasi menjadi lebih luas.

Peran Smartphone Terhadap Ekonomi Digital Indonesia

ekonomi digital indonesia

Selain itu, hadirnya smartphone juga berdampak pada bidang ekonomi. Contohnya adalah transaksi jual beli yang makin mudah dilakukan. Bahkan konsumen tidak perlu berkunjung pada sebuah toko. Selain itu, smartphone memiliki berbagai peran bagi pengembangan ekonomi digital Indonesia.

  • Setiap Orang Bisa Memiliki Toko

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran smartphone memang memberikan banyak kemudahan, termasuk dalam mengembangkan bisnis atau usaha. Tentu hal ini tidak didapatkan sebelum hadirnya smartphone. Dengan ponsel pintar, seseorang bisa memiliki toko meskipun tidak memiliki lahan atau ruko.

Pasalnya, dengan smartphone Anda dapat berjualan secara online, baik melalui e-commerce atau media sosial. Hal ini tentu sangat berperan pada munculnya wirausahawan di berbagai daerah. Dengan begitu, kemandirian masyarakat bisa diwujudkan. Namun, tentu perlu adanya edukasi dan kesadaran untuk masyarakat yang hidup mandiri.

  • Mempermudah Transaksi Ekonomi

Saat ini transaksi jual beli bisa dilakukan hanya melalui ponsel pintar saja. Selain itu, kehadiran teknologi smartphone juga berperan dalam pengembangan bisnis. Pasalnya, sekarang transaksi ekonomi bisa dilakukan melalui smartphone dan internet. Salah satunya melakukan penawaran produk atau jasa melalui email.

Dengan smartphone dan akses internet, calon pembeli akan lebih mudah mendapatkan informasi produk atau jasa yang dibutuhkan. Kendati konsumen tersebut berasal dari daerah yang berbeda dengan produsen atau penyedia jasa. Dengan kata lain, smartphone mempermudah pemasaran dengan jangkauan lebih luas, bahkan hingga ke pelosok negeri.

  • Meningkatkan Daya Saing

Melalui smartphone, banyak orang bisa memiliki usahanya sendiri. sehingga, masing-masing wirausahawan berlomba-lomba untuk tampil menarik di hdapan konsumen.

Baca Juga: Sukses Dengan Peluang Bisnis Eco Racing

Hal ini akan meningkatkan daya saing masing-masing bidang usaha. Bentuk persaingan ini misalnya penawaran harga yang murah, produk yang dikemas dengan menarik hingga branding menggunakan media-media tertentu.

  • Meningkatkan Inovasi dan Kreativitas

Dengan meningkatnya daya saing dalam menarik konsumen, tentu pebisnis harus memiliki inovasi dan kreativitas yang khas. sehingga saat menyebutkan sebuah barang atau produk akan sangat melekat pada brand tersebut. selain itu, persaingan yang ketat dalam bidang ekonomi juga membuat masyarakat lebih kritis pada perkembangan ekonomi digital. Sehingga saat ini banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya ekonomi kreatif.

  • Memunculkan Peluang Usaha Baru

Kehadiran smartphone memang memiliki banyak dampak dari berbagai segi kehidupan. Hal ini karena gaya dan kebutuhan hidup juga berubah seiring dengan berkembangnya akses informasi melalui smartphone. Salah satunya peran dari smartphone dalam meningkatkan ekonomi adalah dengan memunculkan peluang usaha baru. Salah satu contohnya adalah startup.

Startup adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang digital berupa aplikasi atau platform website. Startup ini hadir seiring dengan banyaknya pengguna smartphone dan kebutuhan akan informasi yang cepat. Selain itu, startup juga menjadi problem solving bagi pemecahan masalah yang muncul dalam masyarakat. Misalnya adalah aplikasi belajar secara online yang bisa diakses oleh pelajar dimanapun dan kapanpun.

  • Pengenalan Produk atau Jasa Lebih Luas

Dengan smartphone siapa saja bisa mendapatkan informasi mengenai produk yang berasal dari negara yang berbeda. Anda dapat menemukan pembeli dari berbagai daerah yang berbeda melalui akses internet pada smartphone. Sehingga smartphone sangat penting bagi pemasaran produk, baik lokal maupun global.

Itulah beberapa peran penting smartphone dalam pengembangan ekonomi digital.  Jadi, apakah Anda juga akan berpartisipasi pada perkembangan ekonomi di era digital ini?