Tips Mencuci Karpet Sendiri Mudah Dan Hemat

Tips Mencuci Karpet Sendiri

Tips Mencuci Karpet Sendiri by Grades: Selain sebagai alas lantai, karpet juga memiliki fungsi untuk mempercantik ruangan. Karpet yang sudah lama tidak dicuci tentu tidak nyaman digunakan dan tidak sehat karena banyaknya hewan kecil seperti tungau yang hidup di sela-sela karpet. Tidak perlu ke laundry, Anda bisa mencuci karpet sendiri di rumah dengan menggunakan alat sederhana seperti selang air, vacuum cleaner dan sapu lidi. Berikut tips mencuci karpet di rumah dengan mudah:

baca juga: laundry karpet bandung

  1. Langkah pertama tips mencuci karpet sendiri adalah membentangkan karpet di lantai sampai tidak ada bagian yang tergulung. Sedot debu karpet dengan menggunakan vacuum cleaner. Jika tidak ada vacuum, Anda dapat menggunakan sapu lidi untuk membantu mengeluarkan debu yang terjebak pada sela-sela karpet. Selain di lantai, karpet juga dapat diletakkan pada bidang miring seperti pagar rumah untuk dihilangkan seluruh debunya terlebih dahulu. 

  2. Setelah semua debu hilang, mulailah untuk membasahi karpet dengan menggunakan mesin penyemprot air atau selang yang ditekan kecil pada bagian ujungnya. Selain menggunakan sabun atau shampo khusus karpet, Anda juga bisa menggunakan sabun colek dan deterjen. 

  3. Sikat karpet secara perlahan dengan menggunakan tekanan lembut menuju satu arah. Tujuannya adalah untuk mengeluarkan debu yang masih terjebak di dalam karpet melalui bagian pinggir. 

  4. Sebagai tambahan tips mencuci karpet agar tidak bau, Anda dapat menambahkan pewangi saat membilas karpet. 

  5. Pastikan Anda membilas dengan bersih sampai tidak ada bagian karpet yang berbuih karena hal ini juga bisa menjadi penyebab karpet bau setelah dicuci. Umumnya karpet akan kering setelah dijemur selama 1-2 hari penuh di bawah terik matahari. Agar karpet kering lebih cepat, sandarkan karpet terlebih dahulu sebelum dijemur untuk mempermudah air turun. Saat menjemur pastikan rumbai karpet berada pada bagian samping secara melebar supaya karpet tidak berwarna kuning setelah kering. 

baca juga: cuci karpet rumah di bandung

Mencuci karpet sendiri di rumah membantu Anda sedikit berhemat. Selain itu karena dicuci dan dirawat menggunakan tangan sendiri, karpet akan jauh lebih awet.